21 Jul 2014

Tips Dan Trik Menghemat Baterai Smartphone

Jaman sekarang sudah mulai canggih sekali . banyak smartphone dimana mana , anak kecil maupun orang dewasa sekarang sudah hampir memiliki smartphone sendiri sendiri . tetapi sekali lagi kelemahan smarphone adalah baterai yang mudah terkuras habis . namun kini saya akan memberikan tips dan trik agar baterai smartphone anda lebih awet . ya melalui pengalaman saya hehee saya juga pengguna smartphone soalnya khususnya sony :D

Langsung saja ya yaituuuuuuu :

1.  Mengalihkan Koneksi

Tidak stabilnya sinyal data 3G yang hp android kita tangkap dapat membuat hp kita terus bekerja keras (menguras baterai) mencari sinyal terbaik. Untuk lebih menghemat daya baterai sebaiknya saat kita dalam lokasi HotSpot, kita mematikan koneksi selular kita dan mengkoneksikan hp android dengan WiFi yang tersedia atau bisa mengubah jaringan 3G ke jaringan EDGE.

2. Mematikan Fasilitas Bluetooth

Begitu juga dengan fasilitas Bluetooth, fasiltas untuk kita dapat bertukar data ini sebaiknya dimatikan bila kita tidak sedang memerlukannya, toh menyalakannya juga tidak repot yaitu dengan Gulir kebawah pada home screen, tap pada ikon bluetooth

3. Matikan GPS

Fasilitas GPS pada hp android seperti kita tahu sangat berguna untuk mencari jalan atau kita sedang tersesat, namun pemakaian GPS tidaklah terlalu sering, kita tidak setiap hari tersesat bukan? Maka matikanlah fasilitas GPS hp android Anda, dan hidupkan hanya bila Anda memerlukannya. Caranya sangat simple yaitu Gulir kebawah pada home screen, tap pada ikon GPS

4. Mematikan Fitur Sync

Hp android memudahkan Anda mengetahui notifikasi email, facebook dan aplikasi lain secara live, namun bila Anda sedang tidak terlalu memerlukannya seperti saat liburan atau diperjalanan maka sebaiknya matikan fitur sync ini, namun konsekuensinya Anda tidak akan menerima notifikasi-notifikasi tersebut.
5. Kurangi Brigtness Layar

Keindahan hp android adalah pada layarnya yang memberikan Anda warna nyata nan menabjubkan.  Namun, layar hebat ini termasuk faktor terbesar baterai hp android Anda terkuras, jadi rendahkanlah pada kondisi gelap dan naikan sedikit saja bila kondisi ruag terlalu terang.


6. Kurangi Volume & Matikan Getar

Untuk point yang satu ini mungkin sangat umum digunakan pada semua ponsel, hampir semua orang tahu bahwa fitur getar pada hp dapat menguras baterai, sehingga sebaiknya matikan fitur getar (vibrate) dan kurangi volume untuk lebih hemat baterai.

7. Dapatkat Aplikasi Task Killer atau Baterai Dr. Saver

Aplikasi-aplikasi yang tersedia pada pusat download pada hp android kini banyak yang dirancang untuk meningkatkan kinerja dan menghemat baterai hp android Anda. Contohnya adalah Task Killer atau Baterai Dr. Saver, kedua aplikasi ini berkonsep sama yaitu mematikan aplikasi yang sedang berjalan dibelakang yang tidak terlihat, dengan aplikasi yang tertupu tentunya hp android Anda tidak bekerja terlalu keras sehingga baterai pun dapat lebih dihemat.

Download Task killer.apk
 
Download baterai saver.apk

8. Hindari menekan tombol “Home” untuk mengakhiri aplikasi

Hal ini terkadang kita lakukan apabila malas untuk menutup secara ideal sebuah aplikasi dan lebih memilih menekan tombol “Home” untuk mengakhiri sebuah aplikasi dengan cepat. Tapi hal ini juga dapat mempengaruhi energi baterai HP Android anda. Karena aplikasi yang sebelumnya anda buka belum tertutup secara sempurna. Jadi alangkah baiknya apabila anda mengakhiri sebuah aplikasi dengan cara yang semestinya.

9. Minimalkan Waktu Pada Screen Time Out

Secara default, jika ponsel Android tidak digunakan maka dalam jangka waktu tertentu layar gadget/ponsel akan mati. Pemilik Androi bisa memilih sendiri berapa lama jeda waktu sebelum dimatikan. Atur waktu idle sesingkat mungkin sehingga lebih hemat baterai . Caranya, buka Settings, Display dan pilih Screen Time Out kemudian lanjutkan dengan memilih 10 mdetik (Waktu tercepat pada ponsel Android).

10. Buang Aplikasi Yang Tidak Berguna

Hampir semua pengguna Android (Terutama pada awal pemakaian) tergila-gila untuk mencoba semua aplikasi yang ada di Android Market padahal sebenarnya belum tahu apa fungsi dan manfaat dari aplikasi tersebut. Semakin banyak aplikasi yang diinstall membuat kapasitas penyimpanan data semakin kecil dan tentunya butuh lebih banyak konsumsi daya. Ujung-ujungnya akan membuat baterai semakin boros. Untuk mengatasi hal itu, ada baiknya buang/uninstall semua aplikasi yang tidak pernah anda gunakan.

Download easy uninstaller.apk

Sekian dulu yeee semoga bermanfaat pada kalian semuaaaa dan jangan lupa comment ya hehe
salaammm hari libur :D

4 comments:

Unknown says:
at: 21 Juli 2014 pukul 13.04 mengatakan...

Ndk lplh hm

Unknown says:
at: 21 Juli 2014 pukul 14.14 mengatakan...

maaf siapa ya ?

Unknown says:
at: 21 Juli 2014 pukul 16.54 mengatakan...

pakai WiFi kayaknya sama dengan 3G dalam pemakaian daya baterai

adipta martulandi
at: 21 Juli 2014 pukul 20.57 mengatakan...

Gitu juga bisa . berarti perlu diralat tips yang nomer 1 hehe

Posting Komentar

adiptasmansapati.blogspot.com